Selasa, 01 Mei 2012

MACAM KB

MACAM MACAM KB



1. KB Suntik


Keluarga Berencana: Penggunaan Suntik KB
Metode Keluarga Berencana ini dapat menghalangi ovulasi (masa subur), mengubah lendir serviks (vagina) menjadi kental, menghambat sperma dan menimbulkan perubahan pada rahim. Cara kerja KB suntik pun dapat mencegah terjadinya pertemuan sel telur dengan sperma dan mengubah kecepatan transportasi sel telur.
      Suntikan Keluarga Berencana terbagi menjadi suntik perbulan atau suntikan terpadu, contohnya dan suntikan per tiga bulan (suntikan progestin). Suntikan progestin (Depo Provera atau Niisterat) atau suntikan yang diberikan tiap dua atau tiga bulan sekali ini aman untuk ibu menyusui atau yang tidak boleh menggunakan tambahan estrogen. Suntikan progestin lebih menyebabkan perubahan seputar haid dan berat badan bertambah.
      Suntikan perbulan atau suntikan terpadu, mengandung hormon progestin dan estrogen. Jika Anda ingin siklus haid tetap teratur dapat menggunakan kontrasepsi ini. Sayangnya, suntikan ini sulit diperolah dan biayanya mahal dibandingkan suntikan progestin.
      Suntikan terpadu memiliki efek samping yang sama dengan pil KB terpadu, serta dilarang dipakai oleh ibu menyusui. Anda bisa menghentikan metode ini kapan saja, namun baru bisa hamil satu tahun kemudian bahkan lebih, demikian pula haid akan kembali normal setelah jangka waktu itu. Namun ada sebagian perempuan yang mendapat haid serta hamil dalam waktu lebih cepat dari itu.
      Selain menjadi kontrasepsi sementara yang paling baik, suntikan ini juga telah mengurangi angka kegagalan kurang dari 0,1% per tahun. 
    Suntikan Keluarga Berencana tidak mengganggu kelancaran ASI, kecuali Anda menggunakan suntikan terpadu. Alat kontrasepsi ini juga dapat melindungi Anda dari anemia, dan memberikan perlindungan pada radang panggul. KB suntik memiliki reaksi sangat cepat (kurang dari 24 jam), dapat digunakan perempuan di atas 35 tahun, serta tidak menimbulkan ketergantungan, namun Anda harus rajin kontrol setiap 1, 2 atau 3 bulan.
      Kerugian penggunaan KB suntik ialah Anda akan mengalami gangguan haid, dimana siklus haid bisa memendek atau memanjang, pendarahan banyak atau sedikit, spotting, sampai tidak haid sama sekali. KB suntik pun tidak dapat dihentikan sewaktu-waktu, naiknya berat badan, terlambatnya kembali kesuburan setelah penghentian pemakaian, dan jika digunakan dalam jangka panjang dapat terjadi perubahan pada lipid serum, menurunkan densitas tulang, serta keringnya vagina yang dapat menurunkan libido, gangguan emosi, sakit kepala, dan jerawat.

2. Pil KB


KomposisiPil KB Andalan berbentuk kemasan untuk dikonsumsi selama 28 hari. Terdiri dari 21 tablet pil berwarna kuning yang setiap tabletnya mengandung 0.15 mg Levonorgestrel (hormon Progestin) dan 0.03 mg Etinilestradiol (hormon Estrogen) dan 7 tablet salut gula berwarna putih yang tidak mengandung hormon.
Mekanisme KerjaPil KB Andalan akan mencegah pelepasan sel telur yang telah diproduksi oleh indung telur sehingga tidak akan terjadi pembuahan. Hormon yang terkandung dalam pil KB Andalan akan memperkental lendir leher rahim sehingga mempersulit sel sperma masuk kedalam rahim. Hal ini berguna untuk mengurangi kemungkinan terjadinya pembuahan dan kehamilan. Selain itu, Pil KB Andalan akan menebalkan dinding rahim, sehingga tidak akan siap untuk kehamilan.
Kualitas
  • Apabila digunakan secara rutin dan tepat waktu, Pil KB Andalan 99,7% ampuh mencegah kehamilan.
  • Kualitas telah memenuhi standard internasional
  • Membantu mencegah kehamilan di luar rahim, kanker indung telur, kanker rahim, kista dan kanker payudara
  • Hormon yang terkandung pada setiap pil merupakan perpaduan bahan yang sangat baik, sehingga kandungan hormon dan komposisi zat disetiap pil adalah sama. Hal ini tentu sangat berpengaruh untuk meminimalisasi kemungkinan efek samping dan meningkatkan efektifitas kerja dari pil ini.
KeunikanSetiap produk tentu saja memiliki keunikan. Pil KB Andalan memiliki juga memiliki keunikan, antara lain:
  • Efek samping rendah
  • Nyaman
  • Menjaga siklus haid agar lebih teratur
  • Menjaga kestabilan berat badan
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Kandungan hormon rendah
  • Kembali subur dengan cepat
Efek SampingPada umumnya, efek samping yang mungkin terjadi bersifat individual dan sementara dan terjadi di awal pemakaian seperti:
  • Mual
  • Sakit kepala ringan
  • Pada masa 3 bulan pertama mungkin akan terjadi spotting diantara masa haid
Penting untuk diperhatikanPada umumnya, efek samping yang mungkin terjadi bersifat individual dan sementara dan terjadi di awal pemakaian seperti:
  • Pil KB Andalan diminum di hari pertama haid
  • Pil KB Andalan harus diminum satu tablet setiap hari pada waktu yang sama untuk mengurangi kemungkinan efek samping
  • Pil KB Andalan tidak memberikan perlindungan terhadap penyakit kelamin dan HIV/AIDS
  • Bila lupa minum 1 butir pil hormonal (berwarna kuning) maka harus minum 2 butir pil hormonal segera setelah Anda mengingatnya
  • Apabila lupa meminum 2 butir atau lebih pil hormonal (berwarna kuning), maka dalam 7 hari gunakan kondom apabila melakukan hubungan seksual atau hindari hubungan seksual selama 7 hari
  • Apabila lupa meminum 1 butir pil pengingat (berwarna putih) maka buang pil pengingat yang terlupakan
3. IUD



      Komposisi Batang plastik berbentuk T berukuran 3 cm dengan balutan tembaga seluas kurang lebih 380 mm2


      Mekanisme Kerja IUD Andalan akan mencegah pelepasan sel telur sehingga tidak akan terjadi pembuahan. Selain itu mengurangi mobilitas sperma ag`r tidak dapat membuahi sel telur serta mencegah sel telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim


      KualitasIUD Andalan efektif mencegah kehamilan hingga 99,4% apabila dipasang sesuai dengan prosedur oleh bidan atau dokter terlatih.
      Keunikan
      • Sangat murah dan efisien karena cukup sekali pemakaian yang dibantu oleh tenaga medis
      • Pilihan kontrasepsi non hormonal jangka panjang yang minim efek samping
      • Efektif mencegah kehamilan selama 10 tahun
      • Cepat mengembalikan kesuburan, sehingga dapat segera hamil jika diinginkan
      • Tidak mempengaruhi produksi dan kualitas ASI
      • Efektif mencegah kehamilan ektopik


      Efek SampingSecara umum, efek samping yang timbul tidak akan bersifat permanen. Efek samping hanya akan bersifat sementara tergantung dari penerimaan tubuh terhadap IUD. Efek samping yang bersifat sementara tersebut antara lain:
      • Perubahan siklus haid pada 3 bulan pertama pemakaian
      • Pembengkakan panggul bisa terjadi setelah terkena infeksi penyakit kelamin
      • Tidak memberikan perlindungan terhadap IMS dan HIV dan AIDS


      Penting untuk diperhatikan

      • Anda hanya perlu sekali dalam setahun untuk datang ke dokter atau bidan untuk memeriksakan keberadaan IUD Anda
      • Pemasangan IUD harus dilakukan oleh tenaga medis yang telah dilatih
      • IUD dapat dipasang segera setelah melahirkan, setelah plasenta keluar
      • Kapan saja bisa dipasang tidak harus sedang haid asalkan Anda tidak sedang hamil






















4. Implan
Susuk KB atau implant adalah obat kontrasepsi yang berbentuk seperti tabung kecil, sebesar korek api-lah kira-kira. Didalamnya terkandung hormon progesteron yang akan dikeluarkan sedikit demi sedikit.
Dosis 
Norplant terdiri dari 6 kapsul silastik, dimana setiap kapsulnya berisi levornorgestrel sebanyak 36 mg. Sedang Implanon terdiri 1 kapsul silastik yang berisi etonogestrel sebanyak 68 mg, yang dilepas tiap hari kurang lebih 30 microgram/hari
Cara kerja Implant. 
Dengan disusupkannya 6 kapsul/1 kapsul silastik implant di bawah kulit, maka setiap hari dilepaskan secara tetap sejumlah leveonorgestrel ke dalam darah melalui proses difusi dari kapsul-kapsul yang terbuat dari bahan silastik. Besar kecilnya levonogestrel yang dilepas tergantung besar kecilnya permukaan kapsul silastik dan ketebalan dari dinding kapsul tersebut. 
Satu set Implant yang terdiri dari 6 kapsul dapat bekerja secara efektip selama 5 tahun. Sedang Implanon yang terdiri dari 1 kapsul dapat bekerja secara efektip selama 3 tahun.
Cara kerja dalam pencegahan kehamilan. 
Dengan dilepaskannya hormon levonargestrel secara konstan dan kontinyu maka cara kerja implant dalam mencegah kehamilan pada dasarnya terdiri atas 3 mekanisme dasar yaitu : 
- Menghambat terjadinya ovulasi. 
- Menyebabkan endometrium tidak siap untuk nidasi. 
- Mempertebal lendir serviks. 
- Menipiskan lapisan endometrium.
Efektifitasnya. 
Efektifitasnya sangat tinggi, kegagalannya teoritis 0,2%, dalam praktek 1 – 3%.
Keuntungan Implant. 
- Tidak menekan produksi ASI. 
- Praktis, efektif. 
- Tidak ada faktor lupa. 
- Masa pakai panjang. 
- Membantu mencegah anaemia. 
- Khasiat kontrasepsi susuk berakhir segera setelah pengangkatan. 
- Dapat digunakan oleh ibu yang tidak cocok dengan hormon estrogen.
Kekurangan Implant. 
- Implant harus dipasang dan diangkat oleh petugas kesehatan yang terlatih. 
- Petugas kesehatan harus dilatih khusus. 
- Implant mahal. 
- Implant sering mengubah pola haid. karena adanya hormon progesterone yang terkandung di dalamnya, perdarahan ringan diantara masa haid, juga timbul sakit kepala ringan. karena mengandung hormone maka tentu saja akan berpengaruh pada metabolism tubuh. Sama seperti halnya pil atau suntik, tidak jarang pengguna implant yang tidak cocok akan mengalami masa menstruasi yang berbeda-beda.
- Susuk mungkin dapat terlihat dibawah kulit.
Sebelum tindakan pemasangan. 
Perlu diberi konseling  secara mantap untuk peserta KB mengingat pemkaian kontrasepsi yang lama dan harga susuk yang mahal.
Pemasangan implant. 
Pemasangan dilaksanakan pada bagian tubuh yang jarang bergerak. Berdasarkan penelitian, lengan kiri merupakan tempat terbaik untuk pemasangan, yang sebelumnya dilakukan anaestesi lokal.
Tahap Pasca tindakan. 
a) Peserta KB Susuk sebaiknya menjaga agar daerah sayatan tetap kering minimal selama 3 hari 
    untuk mempercepat penyembuhan dan mengurangi kemungkinan infeksi. 
b) Lengan akseptor kadang-kadang terasa membengkak dan berwarna kebiru-biruan. Hal tersebut 
    biasanya akibat tindakan suntikan atau pemasangan implant dan akan menghilang dalam 3 hari 
    hingga 5 hari. 
c) Setelah 5 tahun implant atau 3 tahun untuk Implanon pemakaian, implant dapat dilepas.
Kontraindikasi. 
- Hamil atau diduga hamil. 
- Tumor. 
- Penyakit jantung, kelainan haid, darah tinggi, kencing manis.
Efek samping. 
Pada dasarnya keluhannya sama dengan kontrasepsi suntik yaitu. 
- Gangguan haid. 
- Jerawat. 
- Perubahan libido. 
- Keputihan. 
- Peubahan berat badan 
- dll. 
Bila terjadi hal-hal tersebut diatas konsultasikan kepada dokter anda untuk memperoleh konseling dan penanggulangan.
5. Kontrasepsi Mantap Tubektomi
Tubektomi adalah prosedur bedah sukarela untuk menghentikan fertilitas (kesuburan) seorang perempuan secara permanen. Sterilisasi tuba bisa dilakukan 24-48 jam pasca melahirkan pada persalinan tanpa komplikasi dan bayi diyakinkan sehat.


Kelebihan:
Konseling mutlak diperlukan
Tidak mempengaruhi proses menyusui
Tidak mengganggu hubungan seks dan perubahan dalam fungsi seksual
Sangat efektif dan permanen
Tindakan pembedahan yang aman dan sederhana
Tidak ada efek samping


Kelemahan:
Dapat menyesal di kemudian hari saat ingin memiliki anak lagi
Rasa sakit atau tidak nyaman dalam jangka pendek setelah tindakan
Harus dilakukan dojter terlatih atau dokter spesialis
Harus dipertimbangkan dengan baik karena bersifat permanen (tidak dapat dipulihkan kembali) kecuali dengan operasi rekanalisasi


6. Kontrasepsi Mantap Vasektomi
Sterilisasi berencana bisa dilakukan pada 6-8 minggu postpartum pada pasangan yang benar-benar yakin dan bayi dalam keadaan sehat. Vasektomi adalah prosedur klinik untuk menghentikan kapasitas reproduksi prida dengan jalan melakukan okusi vasa deferensia sehingga alur transportasi sperma terhambat dan proses fertilisasi (penyatuan dengan ovum) tidak terjadi.


Kelebihan:
Sangat efektif dan permanen
Tidak ada efek samping jangka panjang
Konseling dan persetujuan mutlak diperlukan


Kelemahan:
Komplikasi dapat terjadi saat prosedur berlangsung atau beberapa saat tindakan, akibat reaksi anafilaksi yang disebabkan oleh penggunaan lidokain atau manipulasi berlebihan terhadapa anyaman pembuluh darah di sekitar vasa deferensia


7. Kondom
Ada 2 macam kondom :
Kondom Pria
Efektifitas pemakaian kondom akan tinggi, apabila pengguna kondom dapat menggunakan kondom dengan baik dan benar setiap kali akan berhubunganseksual. Angka kegagalan kontrasepsi kondom sangat sedikit yaitu 2-12 kehamilan per 100 perempuan per tahun. Kondom merupakan selubung/sarung karet yang terbuat dari berbagai bahan diantaranya lateks (karet), plastik (vinil) atau bahan alami (produksi hewani) yang dipasang pada penis saat berhubungan. Selain sebagai pencegah kehamilan, juga mencegah penyakit menular seksual.
Di bawah ini, adalah cara pemakaian kondom pria.
  • Tahap 1
Gambar cara pakai kondom pria 1Kondom dipasang saat penis ereksi, dan sebelum melakukan hubungan badan.
  • Tahap 2
Gambar cara pakai kondom pria 2Buka kemasan kondom secara hati-hati dari tepi, dan arah robekan ke arah tengah. Jangan menggunakan gigi, benda tajam saat membuka kemasan.
  • Tahap 3
Gambar cara pakai kondom pria 3
Tekan ujung kondom dengan jari dan jempol untuk menghindari udara masuk ke dalam kondom. Pastikan gulungan kondom berada di sisi luar.
  • Tahap 4
Gambar cara pakai kondom pria 4
Buka gulungan kondom secara perlahan ke arah pangkal penis, sambil menekan ujung kondom. Pastikan posisi kondom tidak berubah selama coitus, jikakondom menggulung, tarik kembali gulungan ke pangkal penis.
  • Tahap 5
Gambar cara pakai kondom pria 5
Setelah ejakulasi, lepas kondom saat penis masih ereksi. Hindari kontak penis dan kondom dari pasangan Anda.
  • Tahap 6
Gambar cara pakai kondom pria 6
Buang dan bungkus kondom bekas pakai ke tempat yang aman.
kondom wanita


Kondom wanita kondom yang dirancang khusus untuk digunakan oleh perempuan, berbentuk silinder yang dimasukkan ke dalam alat kelamin ataukemaluan wanitaKondom wanita berfungsi untuk mencegah kehamilan dan mengurangi resiko penyakit menular seksualKondom wanita memiliki dua ujung di mana ujung yang satu yang dimasukkan ke arah rahim tertutup dengan busa untuk menyerap sperma dan ujung yang lain ke arah luar terbuka.
Cara kerja kondom wanita sama dengan cara kondom lelaki, yaitu mencegah sperma masuk ke dalam alat reproduksi wanitaManfaat, keterbatasan maupun efek samping yang ditimbulkan kondom wanita, hampir sama dengan kondom lelaki. Tingkat efektifitas kondom wanita akan tinggi, apabila cara menggunakannya benar.
Adapun cara pemakaian kondom wanita, adalah sebagai berikut:
  • Tahap 1
Gambar kondom wanita 1
Buka kemasan kondom secara hati-hati dari tepi, dan arah robekan ke arah tengah. Jangan menggunakan gigi, benda tajam saat membuka kemasan.
  • Tahap 2
Gambar kondom wanita 2
Sebelum hubungan seksual, perhatikan kondom wanitaKondom wanita punya ring yang lebar (outer ring) untuk bagian luar dan ring yang kecil (inner ring) untuk bagian dalam.
  • Tahap 3
Gambar kondom wanita 3
Peganinner ring kondom, lalu tekan dengan ibu jari pada sisi ring, dan dengan jari lain pada sisi yang berseberangan, kemudian tekan sehingga sisi ring yang berseberangan akan bersentuhan dan bentuk inner ring menjadi lonjong.
  • Tahap 4
Gambar kondom wanita 4
Atur posisi yang nyaman. Posisi dapat dilakukan secara berdiri satu kaki di atas kursi, jongkok maupun berbaring.
  • Tahap 5
Gambar kondom wanita 5Gambar kondom wanita 6
Gambar kondom wanita 7
Masukkan inner ring ke dalam vagina dengan hati-hati. Sewaktu kondom masuk ke dalam vagina, gunakan jari telujuk untuk menekan inner ring lebih jauh ke dalam vagina. Pastikan kondom jangan sampai berputar, dan outer ring (ring yang besar) tetap berada di luar.
  • Tahap 6
Gambar kondom wanita 8
Berikan sedikit minyak pelicin pada penis atau bagian dalam kondom. Bantu penis masuk ke dalam kondom.
  • Tahap 7
Gambar kondom wanita 9Gambar kondom wanita 10
Pasccoitus, keluarkan kondom secara hati-hati dengan memutar bagian outer ring untuk menjaga air mani yang tertampung di dalam kondom tidak tumpah. Keluarkan kondom secara hati-hati. Buang kondom bekas pakai ke tempat yang aman (tempat sampah). Jangan buang di toilet.
8. Menyusui
Keberhasilan ibu dalam memberikan ASI eksklusif ini akan bermanfaat bagi keluarga. Dari sisi ekonomis, tindakan itu akan mengurangi pengeluaran, tidak saja pengeluaran untuk membeli susu formula serta perlengkapannya, tetapi juga biaya kesehatan untuk bayi.
Manfaat lain adalah sebagai salah satu metode kontrasepsi (Metode Amenore Laktasi). Dengan MAL pelepasan hormon kesuburan dapat dihambat, sehingga kehamilan tidak terjadi.


MAL dapat dipakai sebagai kontrasepsi bila :
Ibu belum menstruasi sejak melahirkan (belum haid)
Ibu memberikan ASI kepada bayinya secara “penuh” (hanya ASI saja tanpa makanan/minuman tambahan apapun serta pemberian obat seperti vitamin K atau vitamin A, vaksin polio) atau “hampir penuh” (hanya sesekali diberi satu sampai dua teguk air/minuman, misalnya pada upacara adat/keagamaan)
Bayi belum berusia 6 bulan


Keuntungan:
Tingkat keberhasilan 98%
Dapat langsung bekerja sebagai pencegah kehamilan
Tidak mengganggu senggama
Tidak ada efek samping untuk kesehatan
Tidak perlu pengawasan tenaga kesehatan
Tidak perlu obat dan alat kontrasepsi
Tanpa biaya
Bagi ibu menyusui dapat mengurangi perdarahan pasca persalinan, mengurangi risiko kurang darah (anemia), mengurangi risiko kanker rahim, meningkatkan kontak batin antara ibu-anak, lebih cepat mengembalikan berat badan ibu pada kondisi semula
Bagi bayi menyusu dapat mendapatkan kekebalan (antibodi) sehingga bayi tidak mudah terkena penyakit, sumber asupan gizi yang sempurna untuk tumbuh kembang yang optimal, terhindar dari pencemaran air, alat minuman, susu formula atau makanan lain, meningkatkan kontak batin antara ibu dengan bayinya, memberikan rasa aman


Kelemahan:
Perlu persiapan sejak perawatan kehamilan agar segera menyusui dalam 30 menit pascapersalinan
Mungkin sulit dilaksanakan karena kondisi sosial
Efektivitas tinggi hanya sampai kembalinya haid atau sampai dengan 6 bulan
Tidak melindungi terhadap IMS termasuk virus hepatitis B/HBV dan HIV/AIDS

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar